PEMANFAATAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM TI
Saya
akan menganalisis mengenai iklan E-Commerce yang ada di Indonesia saat ini,
yaitu Lazada. Pertama, saya akan memaparkan terlebih dahulu mengenai Lazada itu
sendiri. Lazada merupakan online shopping
mall terkemuka di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, Lazada sendiri ada
di wilayah Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina
dan juga Singapura. Untuk dapat berbelanja secara online di Lazada dapat
mengunjungi website nya sendiri di www.lazada.co.id
atau bisa mengakses langsung lewat smartphone
dengan mengunduh aplikasinya di playstore
untuk pengguna android dan di Appstore untuk pengguna IOS.
Lazada
sendiri membuat berbagai iklan untuk mempromosikan barang – barang yang dijual.
Pada kali ini saya akan menganalisis iklan Lazada yang saya akses di https://www.youtube.com/watch?v=2CwQ_AfpMvc
. Dalam iklan tersebut dapat diketahui bahwa Lazada mempromosikan dirinya bahwa
barang yang dijual memiliki ongkos kirim yang gratis sehingga konsumen tidak
perlu mengeluarkan uang lebih untuk ongkos kirim. Iklan tersebut tentu saja menarik
perhatian masyarakat. Hanya saja terdapat kekurangan informasi dari iklan
tersebut. Seharusnya Lazada memberitahukan apakah semua barang memiliki ongkos
kirim yang gratis tanpa minimum pembelanjaan, atau hanya daerah – daerah tertentu
yang dapat menikmati kebijakan tersebut, atau ongkos kirim yang dimaksud berupa
potongan, dsb. Karena apabila iklan tidak sesuai dengan kenyataan nantinya akan
membuat konsumen kecewa. Dari sisi teknologi, Lazada sendiri cukup gencar dalam
mempromosikan perusahaannya, tidak hanya melalui iklan di media televisi tetapi
juga melalui berbagai macam media sosial, seperti Youtube dan Instagram. Seiring
dengan berkembangnya zaman dan pesatnya pertumbuhan teknologi, mempromosikan
barang bukan suatu hal yang sulit lagi ditambah dengan banyaknya pengguna smartphone. Iklan yang dibuat dapat
dengan langsung diterima oleh masyarakat.
Toko
online menurut saya sangat memudahkan untuk berbelanja karena bisa menghemat
waktu, bervariasinya produk, banyaknya pilihan pembayaran, dll. Hanya saja toko
online memiliki kekurangan yaitu kita tidak bisa memegang produk yang kita
ingin beli sehingga kita tidak tahu mengenai kualitas barangnya. Apabila kita
berbelanja di toko konvensional di mall
maka pembayaran hanya bisa melalui kartu kredit atau secara tunai, dan menurut
saya akan kurang efisien apabila kita membawa banyak uang di dompet untuk
membeli barang yang cukup banyak. Tetapi dengan berbelanja secara online maka
pilihan pembayaran pun beragam, bisa melalui atm, visa, melalui minimarket
seperti Alfamart dan juga Indomaret, dan bisa juga melalui COD atau pembayaran
dilakukan pada saat barang sudah diantar ke rumah. Pembayaran melalui rekening
juga bisa di akses di smartphone. Perkembangan
teknologi dalam dunia bisnis sangat pesat, semua bisa diakses melalui smartphone. Sebelum membeli suatu barang
biasanya kita akan membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya, namun
melalui situs belanja online hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan tanpa
harus berpindah dari satu toko ke toko lainnya. Produk yang ditawarkan oleh
Lazada juga beragam, seperti berikut ini :
Komentar
Posting Komentar